Senin, 21 Januari 2013

Mengatasi Rasa Jenuh


Terkadang rutinitas hidup yang kita jalani begitu mengasikkan. Tapi tak jarang pula kita mengalami stagnan di satu titik yang bernama"Jenuh".
Disaat kita jenuh seyogyanya kita mampu me-refresh kembali fikiran dan kondisi fisik kita. Tapi tak pelak kita tak mampu untuk me-refresh kannya kembali.

Banyak faktor yang menyebabkan kita tak mampu untuk me reposisikan kondisi kita seperti sedia kala. Mungkin salah satu diantara sekian banyak penyebabnya;
1. Kondisi fisik yang menurun
2. Lingkungan
3. Masalah hidup yang tak kunjung usai
3. Pola hidup dan makan yang tidak teratur
4. Stress
5. Dan lain lain
Akibat terakumulasinya hal-hal tersebut diatas sering membuat kita tak mampu berbuat banyak dan bahkan tidak mustahil kita mencari pelarian untuk melepaskan rasa jenuh tersebut. Dan sialnya lagi, masalah baru yang malah timbul akibat pelarian untuk mengatasi rasa jenuh tersebut.



Ada beberapa kiat untuk mengatasi rasa jenuh tersebut; 
1.     Coba rencanakan kembali apa yang akan anda lakukan untuk esok hari, mungkin ada beberapa hal yang patut kita evaluasi demi sebuah hasil yang maksimal.
2.      Sisihkan waktu untuk menenangkan diri, tenangkanlah fikiran anda untuk beberapa saat dan berdo'alah sebelum melakukan segala aktifitas dan rutinitas itu.
3.      Ciptakan kenyamanan dilingkungan anda ; baik itu dirumah, tempat pergaulan ataupun ditempat kerja 
4.      Tambah wawasan Anda. Jangan pernah membeci apa yang telah anda lakukan, berusahalah untuk meng evaluasinya kembali dan berusahalah untuk memperbaikinya kembali.
5.       Redakan stress. Setiap orang punya cara berbeda untuk meredakan stres. Misalnya, memanfaatkan waktu makan siang/libur anda dengan melakukan massage, pijat refleksi, creambath, atau fitnes.
6.       Manjakan diri anda. Lakukanlah hal-hal apa saja yang menjadi kegemaran anda, mungkin jalan-jalan atau membeli sesuatu yang menjadi hobby anda.
7.   Pertahankan prestasi. Tetap kerjakan pekerjaan sebaik mungkin, lepas dari situasi dan perasaan jenuh yang Anda rasakan. Susun target dan manfaatkan keberhasilan Anda untuk menghadapi masa mendatang.
8.      Bina hubungan baik. Baik kepada siapapun itu, baik kepada teman hidup, rekan kerja dan lain sebagainya sehingga hidup anda begitu berarti.
9.   Keyakinan bahwa semua pasti berlalu. Yakinlah pasti dari semua masalah itu akan berakhir, karena tak mungkin dalam hidup ini ada awal  dan tak ada akhir. 




(dikutip dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar